LOADING

About Us

Cita Tenun Indonesia

Play Video

Passionate
About Culture

Gerak jemari memilin, menggulung dan membentang benang, membuat suara gemerisik seiring dengan bebunyian hentakan sekoci dan palang kayu, bagai simfoni kreativitas dan keterampilan serta rasa cinta dalam nuansa menenun. Bebunyian indah yang dimulai di setiap rumah di pelosok daerah bergaung keseluruh pelosok negeri dan mancanegara. Benang demi benang tersusun menjadi selembar kain cantik mempesona, persembahan dari para perempuan – istri bagi suami, anak, keluarga dan bangsanya. Melalui rekatan cinta dan daya juang, para perempuan mencipta lembar demi lembar kain tenun memperkaya warisan budaya bangsa yang menjadi kebanggaan negeri. Makna, nilai sejarah, teknik menenun, beragam serat, benang, dan warna yang memiliki beragam karakter pencerminan jati diri bangsa yang plural.

Tahun
2008 Silam

Berawal dari niat yang kuat dan mendalam sebagai ungkapan dari ketulusan hati dan rasa cinta kepada bangsa dan negara, sekumpulan perempuan Indonesia pencinta, pemerhati, dan pakar tenun berikrar bersama membentuk perkumpulan bernama “CITA TENUN INDONESIA”. Niat tulus ikhlas melestarikan dan menjaga kekayaan bangsa mengikat kami dalam bekerja dan bekerja.

CITA TENUN INDONESIA (CTI) merupakan perkumpulan para pencinta tenun yang memiliki tujuan melestarikan Tenun Nusantara sebagai warisan budaya tinggi (heritage). Program kerja CTI mencakup pelestarian, pelatihan dan pengembangan perajin untuk meningkatkan produksi yang bekerjasama dengan berbagai pihak, dalam rangka memperluas pasar baik di dalam negeri dan mancanegara.

VISI

Melalui Perkumpulan Cita Tenun Indonesia, para pencinta dan perajin memiliki tujuan sama untuk memelihara, meningkatkan, dan melestarikan seni dan kekayaan Tenun Nusantara.

MISI

Daerah Binaan

Hingga saat ini, CTI bersama mitra perusahaan / lembaga sponsor telah melakukan pembinaan di beberapa daerah binaan, diantaranya :

  1. Provinsi Sumatera Barat : Kabupaten Limapuluh Kota
  2. Provinsi Sumatera Selatan : Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang & Prabumulih
  3. Provinsi Banten : Kabupaten Lebak
  4. Provinsi Jawa Barat : Kabupaten Garut dan Majalaya
  5. Provinsi Jawa Tengah : Kabupaten Jepara dan Kota Surakarta
  6. Provinsi Bali : Kabupaten Karangasem, Klungkung, Buleleng, Jembrana
  7. Provinsi NTB : Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Tengah
  8. Provinsi NTT : Kabupaten Sumba Timur dan Manggarai Barat
  9. Provinsi Kalimantan Barat : Kabupaten Sambas
  10. Provinsi Sulawesi Tenggara : Kota Kendari & seluruh kabupaten di Sultra
  11. Provinsi Maluku Utara : Kota Tidore Kepulauan

Sekilas Tentang Tenun

Tenun adalah seni budaya kain tradisional Indonesia yang diproduksi di berbagai wilayah di seluruh Nusantara yang memiliki makna, nilai sejarah, dan teknik pembuatan yang tinggi dari segi warna, motif, dan jenis bahan serta benang yang digunakan dimana tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Tenun sebagai salah satu warisan budaya tinggi (heritage) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia, dan mencerminkan jati diri bangsa. Oleh sebab itu, tenun baik dari segi teknik produksi, desain dan produk yang dihasilkan harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya, serta dimasyarakatkan kembali penggunaannya.

Search citatenunindonesia.com

logo hitam cti

GET 10% OFF

Get 10% off your first purchase by joining our mailing list,
and receive some of the best deals possible.

FOLLOW US

17 Irving Pl, New York,
NY 10003

778 568 999 
care@reytheme.com

Yes, we ship to United States (US)!

Login

Password Recovery

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

SHOPPING BAG (0)

Added to wishlist!